Pelaksanaan Bulan Bahasan Bali Desa Tunjung Tahun 2022

Info Tunjung 21 Februari 2022 10:19:45 WITA

Pada hari Jumat, 18 Februari 2022 Pemerintah Desa Tunjung bersama Desa Adat Pakraman Tunjung melaksanakan Wimbakara (Lomba) dalam rangka memperingati Bulan Bahasa Bali Tahun 2022. Rangakain acara dan lomba yang di mulai pukul 08.00 wita ini mengambil tempat di Aula Kantor Perbekel Tunjung. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Perbekel Tunjung (I Made Sadia), Kelian Desa Adat Tunjung (I Ketut Pasjaya), Panitia Bulan Bahasa Bali Desa Tunjung, Penyuluh Bahasa Bali Desa Tunjung (I Komang Hendri Perwanata), Peserta Lomba dan Guru pendamping, serta dihadiri Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Tunjung.

Rangkaian/susunan acara pada perlombaan Bulan Bahasa Bali Tahun 2021 di Desa tunjung meliputi :

  1. Pembukaan,
  2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya,
  3. Doa bersama,
  4. Sambutan dari Ketua Panitia Bulan Bahasa Bali Desa Tunjung,
  5. Sambutan Perbekel Tunjung sekaligus pemukulan gong seremoni pembukaan kegiatan Lomba dalam rangka memperingati Bulan bahasa Bali Tahun 2021 di Desa Tunjung.

Setelah rangkaian acara tersebut dilaksanakan, MC mengarahkan untuk masing-masing peserta memasuki tempat perlombaan. Pada perlombaan Bulan Bahasa Bali Tahun 2022, panitia lomba Desa Tunjung menggadakan 2 (dua) jenis perlombaan dengan tempat lomba yang berbeda, yaitu :

  1. Nyurat Aksara Bali mengambil tempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Perbekel Tunjung, yang diikuti siswa sekolah dasar se Desa Tunjung
  2. Mecepat yang mengambil tempat di Aula Kantor Perbekel Tunjung, yang diikuti satu pasang peserta dewasa dan 2 pasang peserta siswa SD N 3 Tunjung.

Untuk Bulan Bahasa Bali Tahun 2022 ini diikuti sebanyak 14 peserta lomba yang berasal dari 3 (tiga) Sekolah Dasar se-Desa Tunjung dan masyarakat Desa Tunjung, dimana seluruh peserta lomba dan tamu undangan serentak menggunakan pakaian Adat Bali.

Setelah acara perlombaan dilaksanakan, maka dilanjutkan dengan acara pengumuman juara di masing-masing perlombaan. Pada kegiatan ini seluruh peserta dikumpulkan di Aula Kantor Perbekel Tunjung yang bertujuan untuk memberikan suasana tegang dan meriah dalam proses pengumuman juara. Pada Bulan bahasi Bali Tahun ini Panitia Lomba memberikan piagam dan uang pembinaan untuk masing-masing juara baik juara I,II, dan III. Diawal pengumuman juara lomba, panitia menyampaikan untuk peserta lomba yang belum memperoleh juara pada tahun ini agar tidak berkecil hati dan menjadikan kegagalan ini sebagai pengalaman dan suntikan motivasi untuk berusaha lebih keras mempersiapkan di tahun depan

Komentar atas Pelaksanaan Bulan Bahasan Bali Desa Tunjung Tahun 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tunjung

tampilkan dalam peta lebih besar