Dharmawacana Persiapan Upacara Pitra Yadnya (Ngaben Masal) Desa Tunjung

Info Tunjung 18 Juli 2019 11:49:08 WITA

Desa Pakraman Tunjung akan menyelenggarakan Upacara Pitra Yadnya ( Ngaben Massal) yang pelaksanaannya akan dilaksanakan pada tanggal 10 September 2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan lima tahunan Desa Pakraman Tunjung untuk meringankan beban biaya kerama, mengingat biaya yang lumayan besar harus dikeluarkan untuk upacara ngaben jika dilakukan sendiri. Hal ini disambut sangat positif oleh krama sejak mulai dirintisnya program ini, sehingga kegiatan ini berlanjut sampai sekarang. Sebelum itu Prajuru Desa Pakraman telah membentuk prawertaka Karya (Panitia) yang akan mengkoordinir penyelenggaraan karya, yang diambil dari perwakilan masing-masing sawa.

Setelah dibentuk prawertaka karya (panitia) kemudian membuat jadwal nangkil ke sulinggih yang akan muput karya. Setelah ada kesepakatan akhirnya panitia mengundang sulinggih yang akan muput yaitu, Ida Pandita Mpu Sri Rastra Jaya Wiguna dari Griya Tri Dharma Giri Asrama Desa Pakraman Pupuan Kabupaten Tabanan. Pada hari Senin 15 Juli 2019 kemudian diadakan pertemuan, dimana pada saat itu Ida Pandita memberikan Dharma Wacana tentang makna dan prosesi upacara Pitra Yadnya. Dalam pertemuan itu juga dihadiri oleh Kelian Desa Pakraman Tunjung, Perbekel Tunjung, Panitia, dan krama yang memiliki sawa.

Ada yang unik dalam kegiatan Pitra Yadnya yang diselenggarakan secara periodik ini. Warga dari berbagai klen (kawitan) bersama-sama secara bergotong royong melaksanakan upacara tanpa melihat perbedaan yang ada. Warga yang mengikuti kegiatan ini adalah dari warga Pasek Gelgel, Pasek Taro, Pasek Kayu Selem, Bendesa Manik Mas, Pande, Arya Jelantik, Tangkas Kori Agung, Arya Kubon Tubuh, Dalem Tarukan, dan Arya Kresna Kepakisan. Hal ini tentunya sangat positif yang merupakan wujud kebersamaan dan sebagai menjadi ciri bahwa kita adalah bersaudara. Setelah kegiatan itu penitia akan nangkil lagi ke Griya untuk menetapkan jadwal legiatan selanjutnya (Dudonan Karya) (Purnayasa,18/7/2019).

Komentar atas Dharmawacana Persiapan Upacara Pitra Yadnya (Ngaben Masal) Desa Tunjung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tunjung

tampilkan dalam peta lebih besar