SOSILAISASI KESEHATAN REPRODUKSI BAGI CALON PENGANTIN

Info Tunjung 22 Oktober 2021 12:04:01 WITA

Pada hari ini Jumat, 22 Oktober 2021 bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Perbekel Tunjung, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang disingkat DPPKBPP-PA Kab. Buleleng melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Bagi Calon Pengantin untuk para remaja Desa Tunjung. Sosialisasi yang dihadiri oleh tim narasumber dari DPPKBPP-PA selaku narasumber juga dihadiri oleh Perbekel Desa Tunjung yang pada kesempatan ini diwakili oleh I Made Purnayasa, S.Ag selaku Kasi Pemerintahan Desa Tunjung. Selain itu, pada sosilisasi hari ini juga dihadiri 20 remaja yang diundang untuk bisa mengikuti kegiatan pada hari ini.

Dalam sambutannya yang juga sekaligus membuka acara hari ini, I Made Purnayasa, S.Ag menyampaikan banyak terimakasih kepada Dinas PPKBPP-PA yang telah berkenan memberikan sosilisasi kepada remaja Desa Tunjung . Sosialisasi pada hari ini dipandang sangat penting dilaksanakan dikarenakan masih banyaknya remaja yang melakukan prilaku menyimpang atau belum seharusnya dilakukan diusianya. Selain itu, tingkat pernikahan dini atau pernikahan dibawah umur masih banyak ditemukan di Desa Tunjung, ini diakibatkan kurangnya pengetahuan remaja terkait apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pernikahan serta mengetahui apa saja dampak yang dapat dihasilkan dari pernikahan dibawah umur.

Sebelum acara sosialisasi, narasumber mengajak peserta untuk melaksanakan kegiatan senyam otak, dimana ini bertujuan untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menghilangkan ngantuk dan rasa bosan yang dirasakan. Dalam penyampaiannya, narasumber memberikan beberapa topik penting yang harus diketahui remaja, diantaranya :

  1. Usia ideal melaksanakan pernikahan,
  2. Penyimpangan kelakuan remaja yang disebabkan pengaruh lingkungan,
  3. Bahayanya melakukan aborsi dikarenakan belum siapnya menjadi orang tua,
  4. Bahayanya kehamilan diusia dini,
  5. Cara menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi,
  6. Macam-macam penyakit yang bisa terjadi di organ reproduksi,
  7. Serta persiapan kesehatan apa saja yang harus diperhatikan sebelum menikah/pranikah.

Narasumber juga menekankan untuk remaja yang hadir pada sosialisasi hari ini ikut berperan aktif dengan menyampaikan pengetahuan yang mereka dapat kepada teman, keluarga, dan lingkungan rumahnya. Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada remaja untuk lebih merencanakan terlebih dahulu sebelum melakukan pernikahan.

Komentar atas SOSILAISASI KESEHATAN REPRODUKSI BAGI CALON PENGANTIN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tunjung

tampilkan dalam peta lebih besar